" Nikmatilah Hidup Itu Seperti Kamu Menikmati Sebuah Musik "

Pages

Ads 468x60px

Popular Post

Rabu, 28 Maret 2012

Cara Membuat Kabel LAN

Dalam membuat sebuah jaringan khususnya LAN, salah satu hal yang wajib adalah kabel LAN. Kabel LAN yang biasa digunakan adalah kabel LAN straight dan Cross. Cara pembuatannya cukup mudah sebenarnya. Yang perlu kita persiakan adalah Kabel UTP, Konektor RJ-45, Crimping tools, dan Cable Tester.
Untuk membuat kabel straight atau cross caranya sama, hanya pada susunannya saja yang berbeda. Cara pembuatannya adalah :
- Kupas bagian ujung kabel UTP menggunakan crimping tools atau cuter jika mata pisau pada crimping tools sudah tidak tajam, kira-kira 2cm.
- Pisahkan lilitan kabel satu persatu dan tarik lurus, agar mudah dalam menyusunnya.
- Urutkan kabel tersebut sesuai dengan kebutuhan kita, bisa straight ataupun cross.

Ini adalah urutan penyusunan kabel LAN yang biasa digunakan :

Straight :
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Cross :
1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih Coklat
8. Coklat

- Setelah disusun, rapikan kabelnya sehingga semua ujung kabel rata. Untuk meratakannya, potong semua ujung kabel dengan menggunkan crimping tools atau gunting, sehingga kabel tidak ada yang panjang pendek.
- Masukan kabel UTP tadi kedalam konektor RJ-45 sampai benar-benar masuk dan rata, kemudian press dengan menggukan crimping tools. Lakukan juga hal yang sama pada ujung kabel yang satunya.
- Terakhir, gunakan cable tester untuk mengetahui apakah kabel yang kita pasang sudah terpasang dan dapat berfungsi dengan benar.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih yua gan atas infonyaa
rajalistrik.com

Posting Komentar


close
WEARCREAF