" Nikmatilah Hidup Itu Seperti Kamu Menikmati Sebuah Musik "

Pages

Ads 468x60px

Popular Post

Minggu, 25 Maret 2012

Media Penyimpanan

Dalam dunia komputerisasi tentunya kita menggunakan banyak perangkat dalam menjalankan komputer maupun gadget lainnya yang kita punya. Contohnya saja yang terdapat dalam komputer atau laptop, seperti processor, ram, hetsink, harddisk dll. Nah, yang mau saya bagikan kali ini adalah tentang Penyimpanan External atau Seconary Storage atau external Storage.
Penyimpanan External atau Seconary Storage atau External Storage itu adalah piranti yang dapat menyimpan data secara permanen, dan data bersifat non volatile.
Contoh penyimpanan external antara lain adalah magnetic tape, magnetic disk, harddisk, floppy disk, optical disk, flashdisk dll.

Penyimpanan external bisa bersifat read dan write. Piranti penyimpanan external mencakup dua bagian, yaitu sebagai media penyimpanan itu sendiri dan piranti untuk membaca atau menulis ke media tersebut. contohnya floppy disk sebagai tempat penyimpanan dan disk drive sebagai alat untuk membaca atau menulis atau megnetic tape sebagai media penyimpanan dan magnetic drive sebagai alat untuk membaca dan menulis dari magnetic tape.
Ini adalah sedikit pengertian dari beberapa piranti tadi.
1. Magnetic Tape
adalah model pertama dari pada secondary memory. Magnetic tape juga untuk alat input/output dimana informasi di masukkan ke CPU dari tape dan informasi dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya. Data di simpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang di lapisi ferroksida. Magnetic tape juga digunakan sebagai sarana backup data dengan alasan karena meruoakan piranti yang pertama muncul untuk mem-backup data, sehingga orang sudar terbiasa menggunakannya. Kapasitas pita megnetic bisa mencapai 66 GB dan dapat dikompresi sehingga menjadi ratusan GB. Kecepatan putaranya bertambah tinggi di bandingkan pertama sekali keluar. Magnetic tape juga dibedakan menjadi Reel Tape dan Tape Cartidge.
2. Harddisk 
merupakan salah satu jenis piringan magnetic yang memiliki kapasitas yang besar. Pada tahun 2006 kapasitas harddisk telah mencapai 120 GB, tapi saat ini sudah mencapai Terabyte. Harddisk memiliki piringan metal yang di lapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat di simpan dalam bentuk titik-titik magnetisasi. Data di simpan pada kedua permukaan. Piringan-piringan yang menyusun harddisk tersimpan rapat dalam hard drive, dengan tujuan untuk melindungi dari partikel debu atau benda kecil lain yang mengotori piringan, sehingga tidak terjadi tabrakan antara head dan piringan yang menimbulkan kerusakan.
3. Floppy Disk
diciptakan dengan tujuan agar data dapat di pindahkan dari suatu komputer ke komputer lain. Disket pada umumbya berukuran 3,5 inci dengan kapasitas 1,44 MB. Pada masa sebelumnya terdapat pula disker berukuran 5,25 inci dengan kapasitas 1,2 MB. Disket mengandung sebuah piringan magnetik yang terbuat dari bahan plastik. Piringan dibagi atas sejumlah lingkaran yang masing-masing disebut track. Track dibagi menjadi beberapa sector. Pada sector inilah data direkam.
4.  Piringan Optik
adalah piringan yang dapat menampung data hingga ratusan bahkan ribuan kali dibandingkan disket. Piringan optik dapat berupa CD atau DVD.
- CD (Compact Disk) disebut juga laser optical disk, adalah yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan menggunkan sinar laser. Memiliki kecepatan lebih tinggi di bandingakan disket. Jenis-jenis CD yaitu CD-ROM dan CDRW. CD-ROM merupakan jenis piringan optik yang mempunyai sifat yang hanya bisa di baca dan ditulis sekali sedangkan CDRW dapat ditulis dan dibaca berkali-kali. Biasanya dapat menampung data hingga 700-800 MB.
- DVD (Digital Video Disc) merupakan teknologi piringan optik kedua setelah CD. Memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan membaca lebih cepat dibandingkan CD, dengan memuat video berkualitas setara dengan sinema, dan lebih baik dibandingkan piringan penyimpanan data untuk keperluan audio maupun komputer PC. Jenis-jenis DVD ada beberapa yaitu : 1. Single-sided, single player, kapasitas 4,7 MB, 2. Double-sided, singe player, kapasitas 8,5 GB, 3. Single-sided, double player, kapasitas 9,4 GB, 4. Double-sited, duoble player, kapasitas 17 GB. Menurut format DVD dikelompokkan menjadi 5, yaitu : DVD-R, DVR+R, DVD+RW, DVD-RW, DVD-RAM.
5. Flashdisk
adalah piranti penyimpan external yang berbentuk pena, tapi saat ini sudah banyak bentuk-bentuk unik lainya, yang dicolokkan ke port USB. Kapasitas penyimpanannya juga cukup besar, hingga saat ini sudah ada yang mempunyai kapasitas penyimpanan 3 TB. Flashdisk bisa menyimpan data hingga 1 juta kali dan tahan disimpan cukup lama.

0 komentar:

Posting Komentar


close
WEARCREAF