" Nikmatilah Hidup Itu Seperti Kamu Menikmati Sebuah Musik "

Pages

Ads 468x60px

Popular Post

Rabu, 28 Maret 2012

Tips Merawat Komputer

Dalam menggunakan komputer/PC, terkadang kita tidak ingat waktu dalam menggunakannya. Padahal PC sama halnya dengan diri anda, kalau nggak ingat waktu dalam ngerjain sesuatu hal, yang ada kita sakit atau kecapean karena kelelahan. Untuk menjaga kondisi tubuh, banyak hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya dengan merawat dan menjaga kondisi tubuh kita, begitu juga dengan PC. Alat yang satu ini juga membutuhkan perawatan dalam penggunaannya, jadi kita jangan cuma tau makenya saja, tapi harus juga tau cara merawatnya. Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara merawat PC, baik dari segi hardware n software.

Sekarang kita mulai dari segi hardwarenya dulu deh ..
Penggunakan PC sebenarnya lebih bagus jika dalam ruangan ber-AC, karena menurut saya lebih baik dalam hal menanggulangi debu yang berterbangan di ruangan. Nah, bagi yang menggunakan PC di ruangan terbuka biasanya debu sangat banyak sekali menempel, khususnya pada bagian CPU dan monitor. Cara membersihkan debu-debu tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan kain dan kuas cat dengan ukuran yang sedang atau kecil. Kain kita gunnakan untuk membersihkan debu ayng ada di monitor maupun di casing PC. Tersus kenapa menggukan kuas, karena pada pada CPU khususnya motherboard dan peripheral lainnya terdapat sudut dan celah-celah yang sempit, sehingga akan mudah untuk di jangkau menggunakan kuas. Tapi kalau mau lebih bersih lagi bisa menggunakan kompresor (kalau ada). Power suply juga perlu dibersihkan, caranya dengan membuka casing/box power suply kemudian bersihkan dengan kuas, karena biasanya di power suply banyak sekali terdapat debu yang menempel. JANGAN, menggukan cairan untuk membersihkan soket-soket konektor peripheral karena cairan lama untuk kering dan malah membuat debu dapat mudah menempel. Perhatikan juga jika ada kabel atau perangkat keras yang mungkin tidak terpasang dengan benar atau tidak sesuai cara kerjanya. Misalnya kipas procesor yang gerakannya sangat lambat, kalau sudah dibersihkan tetap juga lambat, coba berikan pelumas (oli juga bisa) pada kipas. Jika tetap lambat juga, sebaiknya ganti dengan yang baru, karena jika kipas tersebut lambat, kemungkinan akan membuat procesor cepat panas dan memperlambat kinerja komputer dan bahkan akan merusak procesor. Kita juga dapat menambahkan kipas tambahan untuk mendinginkan CPU, tapi harus sesuai juga dengan kempuan yang ada, sehingga dapat membantu dalam mendinginkan suhu CPU.
Tadi kan sudah tentang hardwarenya, sekarang tentang softwarenya. Berikut caranya . . hehe
Pertama, gunakan OS atau sistem operasi yang sesuai dengan spesifikasi PC anda. Jangan menyimpan data terlalu besar pada harddisk anda. Karena dengan terlalu banyaknya data pada harddisk akan menyebabkan kinerja PC menjadi lambat. Jangan menggunakan PC untuk game-game yang berat kecuali memang PC anda dirancang untuk game. Gunakan juga antivirus yang sesuai dan selalu update, karena dengan demikian akan mencegah komputer kita dari yang namanya virus yang dapat memperlambat kinerja PC anda. Istallah program yang sesuai dengan kemampuan PC anda juga. Pada waktu tertentu, lakukanlah defragmentasi harddisk untuk menata ulang urutan-urutan file agar kinerja PC menjadi lebih ringan tapi jangan terlalu sering !!. Lakukan instalasi ulang OS juga jika sekiranya diperlukan. Berikutnya, lakukan penghapusan file, prefetc file, file-file chokies dan file-file sampah pada recycle bin, serta hapus atau remove progrma atau aplikasi yang tidak pernah kita gunakan.
Nah, itu tadi sedikit cara perawatan dari segi hardware dan software pada PC. Ini juga ada sedikit tambahn lagi, yaitu gukankanlah stavol atau UPS untuk menjaga agar tegangan listrik tetap stabil, karena biasanya pada malam hari sering sekali terjadi perubahan tegangan listrik. Penggunaan UPS juga dimaksudkan sehingga ketika terjadi pemadaman listrik, PC kita tidak langsung mati begitu saja karena dapat merusak harddisk khususnya. Hindarkan juga PC kita dari yang namanya guncangan, kecuali memang sedang terjadi gempa. Jangan juga terlalu lama membiarkan PC anda hidup tanpa dipakai. Yang paling terakhir adalah jangan segan-segan untuk memanggil teknisi komputer untuk merawat PC anda, jika memang anda tidak bisa melakukannya sendiri. :)

1 komentar:

tallycaesar mengatakan...

MEGA DRIVE - DRIVE | Dr. MD
The MEGA DRIVE delivers high 수원 출장샵 quality sound 서산 출장마사지 for 성남 출장마사지 your gaming pc, and the Genesis to your living room. With Plug n Play Plug n Play Plug n 광주광역 출장마사지 Play. 경상북도 출장마사지

Posting Komentar


close
WEARCREAF