" Nikmatilah Hidup Itu Seperti Kamu Menikmati Sebuah Musik "

Pages

Ads 468x60px

Popular Post

Rabu, 28 Maret 2012

Defragmentasi Harddisk

Kalau lagi ngomongin komputer atau laptop, salah satunya bisa jadi yang di omongin adalah tentang harddisk. Dalam menjalankan sebuah komputer atau laptop pasti dibutuhkan media penyimpanan data, yaitu harddisk. Harddisk berfungsi untuk menyimpan mulai dari operating system, aplikasi, maupun data-data kita yang penting. Oleh karena itu, bagaimana jika harddisk kita rusak dan semua data yang penting ada di dalamnya ? hemm .. pasti bingung banget dah tuu ..
Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita dapat melakukan yang namanya perawatan atau maintence. Ada beberapa cara untuk melakukan perawatan terhadap harddisk kita, yaitu bisa dengan cara melakukan error-checking, defragmentation, dan backup data. Nah, yang mau saya bagi kali ini adalah tentang melakukan defragmentasi harddisk. Sebelumnya, apa sih defragmentasi harddisk itu ?

Defragmentasi harddisk itu adalah melakukan penyusunan atau menata kembali file-file yang ada pada harddisk. Fungsi dari melakukan defragmentasi harddisk adalah meringankan beban kerja harddisk, merefreshing data dan memprmudah proses read/write sehingga dalam mencar file / data lebih efisien karena data telah rapi dan tidak terpencar.
Setelah mengetahui apa itu defragmentasi harddisk, pasti anda mau untuk melakukannya sehingga umur harddisk anda labih lama. Cara melakukannya cukup mudah, dan malah mudah sekali, yaitu : 
- Klik Start 
- Klik My Computer
- Pilih partisi mana yang mau anda defrag, kemudian klik kanan, dan pilih properties
- Klik Tools
- Klik Defragment now
- Kemudian akan timbul jendela Disk Defragmenter
- Pilih partisi mana yang ingin di defrag, kemudian klik Defragment Disk
- Lakukan analyze hingga 100%

Mudah bukan caranya ? :D

0 komentar:

Posting Komentar


close
WEARCREAF